Info lamaran pekerjaan

<b>Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar</b>

Ketika melamar pekerjaan, surat lamaran merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan. Formatnya bisa berbeda, tergantung posisi dan bidang usaha yang dilamar.

Untuk itulah, sebaiknya kamu melihat dulu contoh surat lamaran kerja dalam artikel ini untuk menjadi panduanmu.

Pasalnya, surat lamaran kerja (cover letter) menjadi hal pertama yang dilihat oleh perekrut. Bahkan tak jarang, surat lamaran kerja menjadi faktor yang menentukan apakah pelamar masuk atau tidak ke tahap rekrutmen selanjutnya.

Lalu, seperti apa format surat lamaran kerja yang baik? Yuk, baca artikel ini sampai selesai karena ada berbagai contoh template surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi.

Pengertian Surat Lamaran KerjaPentingnya Membuat Surat Lamaran KerjaStruktur Surat Lamaran KerjaKumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan BenarTips Membuat Surat Lamaran KerjaKesimpulanPertanyaan Seputar Surat Lamaran Kerja

pengertian Surat Lamaran Kerja

● Pengertian Surat Lamaran Kerja

Pentingnya Membuat Surat Lamaran Kerja

Struktur Surat Lamaran Kerja

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Kesimpulan

Pertanyaan Seputar Surat Lamaran Kerja

Mengutip dari Kemdikbud Bahasa dan Sastra Indonesia, pengertian surat lamaran pekerjaan adalah dokumen yang dikirimkan oleh calon karyawan kepada calon atasannya.

Isi surat lamaran kerja berupa permintaan supaya individu diberikan pekerjaan oleh calon atasan.

Sementara jika melansir dari Cambridge Dictionary, surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis seseorang untuk sebuah perusahaan dengan tujuan melamar pekerjaan.

Jenis surat lamaran kerja ditujukan kepada divisi perusahaan yang tugasnya menyeleksi karyawan baru. Dalam hal ini, bagian personalia atau Human Research and Development (HRD).

Dari dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa surat lamaran kerja adalah bentuk seleksi administratif yang bertujuan untuk membawa pelamar masuk ke tahap wawancara dalam proses rekrutmen pekerjaan.

Untuk itulah, dokumen ini harus ditulis dengan baik dan menggunakan format yang sesuai agar dapat menarik minat pemberi kerja dan kandidat mendapatkan kesempatan wawancara.

⁠Pentingnya Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah mempelajari pengertiannya, kamu harus memahami fungsi surat lamaran kerja. Berikut adalah alasan mengapa menulis surat lamaran kerja itu penting:

Sarana komunikasi antara pelamar dengan perusahaan

Surat lamaran kerja merupakan sarana komunikasi formal dalam proses seleksi kerja.

Dalam surat lamaran kerja, pelamar punya kesempatan menyampaikan minat, motivasi, dan kualifikasi kepada perusahaan yang dituju.

Menunjukkan keterampilan dan pengalaman

Melalui cover letter, pelamar bisa menonjolkan keterampilan, pengalaman, serta pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Dari penjelasan itu, perusahaan akan mendapatkan gambaran awal mengenai potensi kandidat tersebut. Dengan demikian, tim HRD dapat memilah mana calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Meningkatkan peluang lolos seleksi

Surat lamaran yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan peluang untuk lolos seleksi awal.

Struktur yang baik dan relevansi dengan posisi yang dilamar menunjukkan tingkat profesionalisme kandidat

Hal inilah yang kemudian dapat menciptakan kesan positif kepada tim HRD atau pihak yang memang bertanggung jawab dalam proses seleksi karyawan.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan juga mempunyai struktur penulisan yang perlu diperhatikan. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

⁠Kepala surat

● Nama lengkap

⁠Pada bagian ini, pelamar perlu menuliskan namanya secara jelas dan lengkap.

● Alamat lengkap

⁠Ketika menulis alamat lengkap, masukan informasi seperti nama jalan, nomor rumah, nama kompleks (jika ada), kota, kode pos, dan negara (jika diperlukan).

● nomor telepon

Cantumkan nomor telepon yang masih aktif dan bisa dihubungi oleh pihak perusahaan

Alamat email atau situs

⁠Sertakan alamat email yang aktif dan mudah diakses oleh pihak perusahaan. Jika kamu kebetulan memiliki situs web profesional yang relevan, jangan ragu untuk menyertakan informasi tersebut.

⁠Bagian isi

Lampiran

⁠Jika ada dokumen yang dilampirkan bersama surat lamaran kerja yang kamu buat, seperti CV, transkrip nilai, atau sertifikat pendukung lainnya, sebutkan berapa jumlahnya di bagian ini. Misal saja: Lampiran: 5 berkas

Perihal

⁠Tuliskan perihal surat secara jelas dan singkat. Contohnya, Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Executive

Tanggal surat

Jangan lupa cantumkan tanggal penulisan surat. Biasanya, tanggal surat diletakkan di bagian kanan atas. Contoh: Malang, 12 Januari 2022

Alamat

⁠Tuliskan alamat lengkap penerima surat, termasuk nama perusahaan, alamat kantor, kota, dan kode pos.

Salam Pembuka

⁠Gunakan salam pembuka yang sopan, misalnya "Kepada Yth., (Nama Penerima Surat)".

Paragraf isi

⁠Ini adalah bagian utama dari surat lamaran kerja. Umumnya mencakup informasi tentang minatmu untuk melamar posisi tersebut, mengapa kamu cocok untuk posisi itu, serta keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Pastikan untuk menulis bagian ini secara jelas, ringkas, dan meyakinkan.

⁠Bagian penutup

Salam penutup

⁠Gunakan salam penutup yang sopan, seperti "Hormat saya," atau "Terima kasih atas perhatian yang diberikan."

Tanda tangan ⁠Setelah salam penutup, berikan tanda tangan secara manual. Namun, jika kamu akan mengirim surat lamaran kerja via email, lengkapi dengan tanda tangan elektronik atau cukup nama saja.

Nama terang

⁠Tepat di bawah tanda tangan, tuliskan nama lengkap kamu secara jelas.

Komentar